Ingin Gemuk? Konsumsi 12 Jenis Makanan untuk Menambah Berat Badan Ini

Jenis Makanan untuk Menambah Berat Badan
cara menambah berat badan

Ingin Gemuk? Konsumsi 12 Jenis Makanan untuk Menambah Berat Badan Ini 

Segala hal yang terlalu atau berlebihan memang tidak baik, termasuk dalam ukuran tubuh. Terlalu gemuk atau terlalu kurus bisa menjadi masalah tersendiri bagi sebagian orang. Bagi orang-orang dengan perawakan tubuh kurus meningkatkan bobot tubuh menjadi salah satu hal yang ingin dicapai. Anda bisa mengkonsumsi jenis makanan untuk menambah berat badan untuk membuat tubuh sedikit lebih berisi. Konsumsi makanan-makanan tertentu dapat membantu Anda meningkatkan berat badan tetapi Anda juga harus tetap memperhatikan kandungan makanan yang Anda santap. Apabila kurang hati-hati niat ingin mencapai berat badan ideal justru bisa membawa penyakit lainnya seperti kolesterol.

Pada beberapa orang, meningkatkan sedikit bobot tubuh bisa menjadi suatu hal yang sangat sulit untuk dicapai. Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang sulit untuk gemuk diantaranya adalah faktor genetik, laju metabolisme ataupun faktor penyakit bawaan lainnya. Tubuh yang kurus ini seringkali dirasa mengganggu penampilan dan mengurangi kepercayaan diri. Hal ini membuat banyak orang berperawakan kurus mencoba segala cara untuk sedikit menggemukkan badan agar mencapai bobot yang ideal. Penggemukan badan ini bisa Anda lakukan dengan rutin mengkonsumsi jenis makanan untuk menambah berat badan tertentu, berikut ini beberapa contohnya:

Jenis Makanan untuk Menambah Berat Badan

  1. Daging Merah

Daging memiliki kandungan protein dan lemak yang tinggi dibandingkan bahanmakanan lainnya. Daging merah ternyata efektif meningkatkan berat badan dengan cepat. Daging ini bisa dikonsumsi dengan cara diolah terlebih dahulu dengan dimasak. Daging merah juga mengandung protein tinggi untuk mendukung pertumbuhan massa otot tubuh. Akan tetapi mengkonsumsi daging merah dalam jumlah banyak sebaiknya tidak dilakukan terus menerus karena daging merah juga mengandung kolesterol.

  1. Daging Ayam

Seperti daging merah, daging ayam juga memiliki kandungan protein serta lemak. Kandungan lemak pada daging ayam ini lebih tinggi dibandingkan daging merah. Jumlah kalori di dalam daging ayam akan meningkat setelah daging diolah terlebih dahulu.

  1. Daging ikan salmon

Daging ikan salmon memilki banyak kandungan bermanfaat bagi tubuh. Selain dikenal memiliki kandungan omega 3 yang baik untuk perkembangan otak, daging ikan salmon juga merupakan salah satu jenis makanan untuk menambah berat badan. Daging ikan ini mengandung kurang lebih 146 kalori setiap 100 gramnya. Mengkonsumsi banyak daging ikan salmon selain menambah berat badan juga bisa menyehatkan tubuh karena kandungan bermanfaat lainnya.

  1. Buah-buahan

Diantara banyaknya jenis buah-buahan yang ada di Indonesia ada beberapa jenis buah yang merupakan jenis makanan untuk menambah berat badanyaitu pisang, alpukat dan kurma.

  • Pisang

Pada 100 gram buah pisang terkandung sebanyak kurang lebih 100 kalori. Kandungan di dalam pisang ini bisa membantu meningkatkan berat badan dan tetap membuat tubuh sehat karena kandungan lemak tak jenuh serta kalsium yang dimilikinya.

  • Alpukat

Alpukat dapat menjadi salah satu jenis makanan untuk menambah berat badan apabila dikonsumsi secara rutin. Dalam 100 gram alpukat terkandung kurang lebih 85 kalori. Buah alpukat selain mengandung kalori juga mengandung zat-zat lain yang bermanfaat bagi tubuh seperti kalium, vitamin B, vitamin E dan asam folat. Selain menjadi lebih gemuk Anda juga dapat menjadi lebih sehat dengan konsumsi banyak buah alpukat.

  • Kurma

Buah kurma biasanya dikonsumsi sebagai makanan pembuka saat berbuka puasa. Hal ini dilakukan bukan tanpa alasan. Ternyata buah kurma mengandung kalori yang cukup tinggi dan mudah dipecah dengan cepat dalam tubuh. Oleh karena itu berbuka puasa dengan kurma dapat memberikan energi dengan cepat bagi tubuh Anda.

  1. Susu sapi

Susu sapi termasuk dalam jenis makanan untuk menambah berat badan yang memang sudah banyak terbukti manfaatnya. Dalam 15 gram susu sapi yang sudah direbus terkandung sebanyak 54 kalori. Susu sapi ini bisa Anda konsumsi segar ataupun setelah direbus dan disterilisasi terlebih dahulu. Kandungan lemak pada susu sapi segar ini lebih tinggi dibandingkan setelah diolah. Anda bisa mengkonsumsi susu sapi 2 kali dalam sehari pada pagi dan sore hari untuk mendukung program penggemukan badan Anda.

  1. Es krim

Es krim adalah makanan yang berupa olahan dari susu. Es krim diketahui menjadi salah satu jenis makanan untuk menambah berat badan karena di dalam es krim terkandung lemak dan kalori dari susu, gula serta krim. Perpaduan ketiganya menghasilkan jumlah kalori yang cukup tinggi untuk membantu peningkatan berat badan.

  1. Keju

Keju juga merupakan salah satu makanan yang berbahan dasar susu. Keju ini terbuat dari susu yang difermentasi. Proses fermentasi pada keju ini menyebabkan kandungan kalori di dalamnya justru lebih besar daripada kandungankalori susu segar. Anda bisa menambah berat badan dengan mengkonsumsi keju dengan dicampur bahan lain seperti roti ataupun cokelat.

  1. Telur ayam

Telur ayam memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dan sering dikonsumsi oleh orang yang ingin meningkatkan berat badan. Telur ayam ini menjadi camilan favorit para binaragawan yang ingin membentuk otot-otot di tubuh. Akan tetapi Anda perlu waspada apabila mengkonsumsi telur ayam dalam jumlah banyak karena kandungan kolesterol yang ada di dalamnya. Jika Anda ingin meningkatkan berat badan dengan cepat Anda bisa mengkonsumsi telur ayam dalam jumlah banyak namun hanya bagian putihnya saja, tanpa bagian kuning telur.

  1. Nasi

Nasi adalah sumber karbohidrat utama orang Indonesia. Nasi mengandung kalori dalam jumlah yang cukup besar yaitu sekitar 175 kalori per 100 gram nasi putih. Mengkonsumsi nasi putih dalam jumlah banyak ini cukup efektif untuk menggemukkan badan. Anda bisa mengkonsumsi jenis makanan untuk menambah berat badan ini dengan lauk pauk yang mengandung protein tinggi agar hasil yang diperoleh lebih maksimal.

  1. Cokelat

Jika ingin menggemukkan badandengan cepat Anda bisa menjadikan cokelat sebagai camilan sehari-hari. Cokelat yang dapat membantu meningkatkan berat badan dengan cepat adalah cokelat yang di dalamnya terdapat campuran susu serta gula. Kandungan lemak, gula serta protein dalam membuat tubuh Anda lebih berisi apabila dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.

  1. Kacang-kacangan

Berbagai jenis kacang seperti kacang almond, kacang mete, kacang tanah ataupun kacang hijau diketahui memiliki kandungan protein nabati yang tinggi. Konsumsi kacang-kacangan sebagai jenis makanan untuk menambah berat badan ini bisa Anda jadikan camilan sehari-hari sebagai teman aktivitas Anda.

  1. Mentega

Anda bisa mengganti penggunaan minyak goreng untuk menumis dengan mentega. Mentega ini memiliki kandungan lemak serta kalori yang tinggi dan cukup efektif untuk meningkatkan berat badan.

Itu tadi 12 jenis makanan yang bisa Anda konsumsi untuk mendukung program penggemukan badan Anda. Jenis makanan untuk menambah berat badan tadi dapat Anda konsumsi dalam jumlah banyak namun masih dalam batas wajar. Hal ini karena segala sesuatu yang berlebihan pasti memberikan dampak negatif tersendiri di kemudian hari. Maka bijaklah dalam memenuhi asupan gizi untuk tubuh Anda, jangan lupa pilih makanan dengan diet yang seimbang.

Cara Menambah Berat Badan 5kg
cara menambah berat badan
8 Langkah Mudah Cara Menambah Berat Badan 5kg dalam Seminggu

8 Langkah Mudah Cara Menambah Berat Badan 5kg dalam Seminggu Banyak loh dari kita yang ingin mendapatkan berat badan ideal dengan cara yang kurang tepat dan justru bisa mengganggu kesehatan. Pemilihan diet yang tepat akan membuat Anda mendapatkan bentuk tubuh yang tidak hanya sekadar tambah gemuk tetapi juga memiliki bentuk …

jadwal makan untuk menggemukan badan
cara menambah berat badan
7 Jadwal Makan untuk Menambah Berat Badan dengan Cara Sehat Ini

Gunakan 7 Jadwal Makan untuk Menambah Berat Badan dengan Cara Sehat Ini Tinggi badan sudah oke tapi berat badan masih kurang ideal? Padahal sudah banyak makan setiap hari namun metabolisme malah jadi semakin kurang bagus? Banyak yang ingin meningkatkan berat badan tetapi takut malah jadi obesitas. Bisa jadi, penyebabnya karena …

6 Cara Menambah Berat Badan Dengan Cepat dan Alami
cara menambah berat badan
6 Cara Menambah Berat Badan Dengan Cepat dan Alami

 6 Cara Menambah Berat Badan Dengan Cepat dan Alami Semua orang pasti menginginkan berat badan ideal. Tentu hal ini berkaitan dengan penampilan yang lebih sempurna dan juga pandangan masyarakat. sebagian besar masyarakat memandang bahwa orang yang memiliki berat badan yang ideal adalah cantik atau tampan. Memiliki berat badan ideal juga …