Vitamin Penambah Berat Badan untuk Anak

Vitamin Penambah Berat Badan untuk Anak

Beberapa anak memiliki masalah kelebihan berat badan atau yang lebih populer dikenal dengan obesitas, sementara beberapa orang lainya mempunyai masalah dengan berat badaanya yang terlalu rendah. Biasanya, masalah ini banyak dijumpai oleh anak-anak hingga anak usia sekolah menengah atas. Ada beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya berat badan anak. Diantaranya adalah gen atau keturunan, nafsu makan yang buruk, pola makan yang tidak teratur dan lain sebagainya. Jika anak anda Memiliki berat badan yang terlampau rendah, ada baiknya anda sebagai orang tua mencari solusi untuk segera menanggulanginya. Karena, rendahnya berat badan pada anak dapat menjadi salah satu indikasi bahwa anak tidak mendapat cukup nutrisi. Hal ini tentu saja tidak dapat dibiarkan karena dapat menimbulkan beberapa masalah pada kesehatan anak yang akan muncul di kemudian hari dan juga dapat menghambat tumbuh kembangnya secara optimal.

Vitamin Penambah Berat Badan untuk Menambah Nafsu Makan

Rendahnya berat badan anak umumnya disebabkan oleh buruknya nafsu makan, anak hampir selalu menolak segala makanan yang diberikan terutama makanan sehat seperti nasi dan sayur mayur, namun mereka akan menerima dengan senang hati jika makanan yang diberikan merupakan makanan ringan dengan kandungan nutrisi yang rendah namun memiliki kadar msg yang tinggi. Untuk itu, penting bagi kita orang tua untuk segera mencari solusi guna menanggulangi masalah ini. Menurut dr Aldy Valentino Maehcarendak, sebenarnya penurunan nafsu makan pada anak dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah anak kekurangan vitamin dan mineral tertentu. Namun, hal ini tidak dapat ditanggulangi hanya dengan memberikan asupan vitamin penambah berat badan anak dalam jumlah banyak kepada anak karena hal tersebut tidak akan mempengaruhi nafsu makan pada anak itu sendiri. Pada beberapa kasus, pemberian suplemen atau multivitamin yang mengandung curcuma dapat dijadikan pilihan untuk membantu meningkatkan nafsu makan anak.

Vitamin Penambah Berat Badan untuk Anak Karena, curcuma dikenal mampu dan ampuh sebagai vitamin penambah berat badan dan nafsu makan yang alami. Namun, jika nafsu makan anak tidak kunjung membaik meski telah diberikan multivitamin, hal selanjutnya yang dapat anda lakukan adalah dengan memastikan bahwa anak mendapatkan nutrisi yang cukup. Salah satunya adalah dengan memberikan anak variasi makanan sehat yang berbeda beda setiap harinya jadi anak terhinndar dari rasa bosan dengan menu yang disajikan. Memastikan anak mendapatkan cukup nutrisi adalah langkah penting yang harus kita lakukan. Hal ini terbukti sangat ampuh untuk menambah berat badan anak.  Karena, asupan nutrisi yang lengkap seperti berbagai macam vitamin, mineral, zat besi sangat bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan nutrisi anak terutama mereka yang memiliki berat badan di bawah rata – rata. Adapun beberapa bahan makanan yang dianggap dapat menambah berat badan anak dengan cepat, aman, dan sehat, yaitu

  • Makanan dengan Kandungan Vitamin A yang tinggi

Menurut para ahli, mencukupi asupan vitamin A pada anak terbukti dapat menunjang pertumbuhan berat badan anak secara alami dan maksimal. Vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan mata, kulit serta berguna untuk menjaga daya tahan tubuh anak dengan baik sehingga anak dapat tumbuh kembang dengan optimal. Adapun beberapa makanan yang diketahui memiliki banyak kandungan vitamin A, antara lain: wortel, udang, telur, bayam, brokoli, lobak, alpukat, manga, ubi jalar serta produk olahan yang berbahan dasar susu seperti keju, mentega dan yang lainya.

  • Makanan yang Kaya akan Vitamin C

Berbeda dengan vitamin A, vitamin C befungsi untuk membantu anak menyerap zat besi lebih baik dari makanan yang mereka konsumsi. Fungsi zat besi itu sendiri adalah untuk melancarkan aliran darah, menjaga daya tahan tubuh atau system immune serta yang paling utama, zat besi sangat berguna untuk menambah nafsu makan pada anak. Jadi penting untuk memastikan anak mendapatkan asupan vitamin C yang cukup setiap harinya. Sumber terbaik vitamin C dapat anda dapatkan pada: jeruk, strawberry, nanas, kiwi, tomat, manga, brokoli, lada dan papaya.

  • Makanan mengandung Vitamin D

Vitamin D juga merupakan salah satu Vitamin penambah berat badan anak. Karena berfungsi untuk membantu penyerapan serta metabolisme kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang. Sehingga memenuhi kebutuhan vitamin D harian pada anak sangat penting dan berpengaruh kepada proses tumbuh kembang anak. Vitamin D juga sangat berguna untuk menjaga daya tahan tubuh anak secara alami. Makanan – makanan yang mengandung vitamin D adalah ati ayam, kuning telur, keju, ikan salmon, ikan makarel, ikan tuna, sereal,  dan juga susu kedelai. Selain dari makanan – makanan tersebut, vitamin D juga dapat dihasilkan secara alami oleh tubuh dengan bantuan paparan sinar matahari di pagi hari. Itulah mengapa banyak dokter menyarankan untuk membawa bayi berjemur pada pagi hari paling tidak selama 15 menit dengan tujuan untuk membantu pembentukan vitamin D oleh tubuh secara alami yang akan sangat berguna dan bermanfaat untuk pertumbuhanya. Waktu yang paling tepat untuk berjemur adalah sebelum jam 9 pagi, karena, setelah jam 9, sinar matahari sudah mengandung ultra violet yang berbahaya untuk kesehatan kulit.

Untuk lebih jelasnya, anda dapat mengkonsultasikan kondisi anak anda dengan dokter dan atau ahli gizi untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan sesuai kebutuhan anak anda sebelum anda memutuskan untuk memberikan berbagai macam suplemen dan multivitamin untuk anak anda guna menanggulangi permasalahan berat badan anak yang di bawah normal. Langkah awal yang dapat anda lakukan adalah dengan memberikan makanan kaya akan vitamin seperti yang telah kami sebutkan di atas sebagai upaya menambah berat badan anak secara alami karena vitamin-vitamin di atas merupakan nutrisi yang dibutuhkan anak agar dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal. Menurut para ahli, tidak perlu memberikan suplemen atau multivitamin apapun kepada anak selama anak mau mengkonsumsi makanan sehat yang memiliki kandungan gizi seimbang.

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, pada sebagian besar kasus, kurangnya atau rendahnya berat badan anak disebabkan karena anak cenderung memilah dan memilih jenis makanan yang dikonsumsinya. Sebagai orang tua, kita dapat menyiasatinya dengan membuat kudapan sehat yang mungkin akan disukai anak, seperti pancake sayur, ice cream buah rendah gula, pudding buah dan lain sebagainya. Sebagai orang tua kita harus mensiasati agar kebutuhan nutrisi harian anak terpenuhi dengan melengkapi kebutuhan vitamin penambah berat badan anak secara alami bagaimana caranya. Jika segala macam cara sudah dilakukan namun anak tetap menolak untuk makan, maka ini merupakan waktu yang tepat untuk anda segera bertemu ahli gizi atau dokter untuk mengkonsultasikan keadaan anak anda. Tambahan suplemen mungkin akan diperlukan untuk melengkapi nutrisi si kecil sehingga ia dapat tumbuh kembang secara optimal.